01 Mei, 2013

Periklanan(advertising) - - -> Lokasi Promosi Medan Sumatera Utara



PROJECT PROPOSAL PENAWARAN BRAND IMAGE
WALL CLIMBING MAPALA UMSU 2013
MAHASISWA PECINTA ALAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
2013






PENDAHULUAN

Asaalamu’alaikum Wr, Wb..
Salam Lestari,,

Dalam perkembangan olah raga panjat dinding yang duhulunya hanya berkembang di dalam organisasi-organisasi Federasi Panjat Tebing Indonesia, Mahasiswa Pecinta Alam, Indenpenden, lalu berkembang hingga sampai saat ini di berbagai kalangan penggiat seperti di khususkan dalam sekolah pemanjat sampai kalangan pelajar SD, SMP, SMU, dan hingga kalangan pekerja kantoran yang tidak ketutup kemungkinan untuk melakukan olah raga yang penuh tantangan ini. Kalau di lihat dari perspektif kemajuannya olah raga panjat dinding ini begitu  banyak minat bakat & kemajuan-kemajuan yang sampai saat ini, olah raga panjat dinding buatan berkembang di Indonesia di awali sejak tahun 1990 hingga sampai saat ini perkembangannya semakin pesat dalam melahirkan atlit-atlit muda yang bertaraf internasional. Dinding-dinding panjat buatan mulai bermunculan di mana -mana yang sebagai salah satu sarana pendukung kemajuan cikal bakal lahirnya atlit - atlit baru dan tidak terlepas dari perlengkapan-perlengkapan lainnya yang sangat mendukung dalam olah raga panjat dinding.
Selain perlengkapan yang memadai SDM pemanjat juga harus di perhatikan di antaranya adanya pembuatan program-program latihan yang tingkatannya terus naik gripnya dalam latihan untuk seorang pemanjat yang halnya adanya perbedaan pengelompokan program-program latihan seperti untuk atlit, hobby, dan sekedar olah raga saja yang berujung membangkitkan rasa ingin terus mencoba menyelesaikan suatu jalur yang di buat.
 Sejarahnya olah raga panjat dinding ini salah satunya di pelopornya adalah Pete Livesey, yaitu pemanjat tebing yang juga suka speleologi, kano dan lari. Olah raga ini dulunya di mainkan di tebing-tebing bebatuan cadas yang keras  yang tempat keberadaannya kebanyakan jauh dari daerah perkotaan, dengan menyesuaikan kebutuhan yang semakin terus berkembangdan meningkat maka di buatnya dinding-dinding panjat buatan yang hampir menyerupakan tingkat kesulitanya sama dengan di tebing alam khusnya. Wall cilimbing atau biasa di sebut dengan dinding panjat adalah sarana atau prasarana hal yang paling mendasar untuk seorang pemanjat melakukan latihan.
Sampai hingga saat ini olah raga panjat dinding semain banyak di gemari oleh masyarakat Indonesia yang merupakan olah raga ekstrim yang di gemari banyak orang selain arung jeram, goa, gunung hutan, dan lain sebagainya.



LATAR BELAKANG
MAPALA UMSU adalah komunitas pecinta alam di wilayah Sumatera Utara yang bernaung di Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara. Yang lahir pada tanggal 08 Desember 1994 dan kemudian di beri nama MAPALA UMSU. Jumlah anggota keseluruhan MAPALA UMSU adalah lebih dari ratusan orang, yang tersebar dari beberapa fakultas-fakultas di Universitas Muhammadiyah Sumatara Utara. Yang umumnya berasal dari mahasiswa yang cinta akan alam semesta ini dan memiliki hobby dalam kegiatan alam bebas.
MAPALA UMSU setiap tahunnya melaksanakan agenda rutin seperti perekrutan anggota baru yang biasa sering di bilang DIKSAR ( Pendidikan Dasar), yang sampai saat ini MAPALA UMSU menpunyai 19 angkatan dengan berbagai nama angkatan yang setiap angkatan tidak mempunyai nama yang sama. Selain itu MAPALA UMSU sudah banyak melakukan aktifitas kegiatan lain seperti expedisi, penelitian/inventarisasi, reboisasi, bakti sosial, kejuaran dan bahkan outbound. MAPALA UMSU juga memiliki beberapa pos divisi yang aktif sampai hingga saat ini seperti Konservasi, gunung hutan, panjat tebing, gua, arung jeram, bertahan hidup/survival, sosial pedesaan, SAR dan foto grafi/dising grafis.
MAPALA UMSU adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang berkedudukan di Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara Jalan Kapten Muchtar Basrih No 03 Medan, 
Keaktifan program-program yang setiap tahunnya berjalan baik yaitu program kerja umum dan program kerja khusus, Untuk memperkuat daya promosi MAPALA UMSU juga mempunyai mading atau majalah dinding sebagai wadah promosi wilayah kampus, dan khusus promosi ke luar kampus MAPALA UMSU juga mempunyai hubungan kerja sama selama ini dengan M RADIO. serta MAPALA UMSU mempunyai Media Dinding Panjat Tebing Buatan.
Dari banyaknya divisi yang ada di MAPALA UMSU, MAPALA UMSU sangat konsen pada perkembangan dunia olah raga panjat dinding. Dengan hasil yang dilakukan MAPALA UMSU terbukti dengan terciptanya wall climbing yang bertaraf regional dan juga menghasilkan atlit-atlit yang berprestasi di tingkat regional pula yang natinya akan menciptakan atlit yang bertaraf Nasional. Amin..

MAPALA UMSU Alhamdulillah mempunyai sarana wall climbing atau dinding panjat yang tepatnya di halaman depan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang sampai saat ini dinding panjat semakin terus berkembang guna untuk memenuhi kebutuhan yang telah di sesuaikan dengan kemajuan dari generasi ke genarasinya. Yang di awali berdirinya dinding panjat MAPALA UMSU pada tahun 1998 yang di lakukan dengan swadaya anggota MAPALA UMSU hingga rangkum berdiri dinding panjat satu sisi dengan ketinggian 15 meter, lebar 2,5 meter persisinya dengan tipe diding kesulitan/lead wall climbing dan terus berkembang ada penambahan dinding panjat speed/kecepatan 2 sisi dengan ketinggian sisi speed keduanya 15 meter dengan masing-masing lebar sisi 2,5 meter pada tahun 2008 dan sampai saat pembangunan terakhir pada tahun 2008 juga dinding panjat MAPALA UMSU melakukan penambahan dinding panjat 9 meter diding speed dan penambahan wing kanan kiri untuk kelas pemanjatan Boulder/kesulitan jalur pendek dengan masing-masing ketinggian 5 meter dengan berbeda karakter dising dinding panjatnya. Dengan kerangkuman pekerjaan wall climbing MAPALA UMSU pada tahun 2008 mempunyai dinding panjat sisi depan selebar 7,5 meter dengan ketinggian sisi depan 15 meter(Gambar Terlampir), dinding panjat wing kanan dengan lebar sisi 2,5 meter dengan ketinggian 5 meter dan dinding panjat wing kiri dengan lebar sisi 3 meter dengan ketinggian 5 meter(gambar terlampir) yang semuanya hasil dari usaha pengurus dengan seluruh angggota MAPALA UMSU baik dalam pemikiran maupun dalam pengerjaannya.
Wall climbing MAPALA UMSU merupakan sarana latihan panjat dinding yang digunakan anggota MAPALA UMSU setiap harinya. Wall climbing tersebut juga mempunyai nilai jual yang tinggi dikarenakan tempat keberadaannya di halaman depan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan dapat terlihat jelas dari Jalan Kapten Muchtar Basrih, hal ini didukung oleh jumlah mahasiswa UMSU yang mencapai puluhan ribu jiwa dan pengguna jalan yang di depan kampus umsu setiap harinya.
Berdasarkan Hal Tersebut Wall Climbing MAPALA UMSU sangat cocok dijadikan media promosi bagi perusahaan - perusahaan untuk memasarkan produknya.



MAKSUD DAN TUJUAN
MAKSUD
1.       Menawarkan kejasama kepada pihak sponsor untuk mempromosikan produknya pada media menara Wall Climbing MAPALA UMSU.
2.       Meningkatkan hubungan kerjasama pada pihak sponsor.
3.       Menciptakan wadah yang mandiri terhadap MAPALA UMSU untuk berkembang selalu kedepannya dalam bekerja sama dari pihak sponsor.
4.       Memberikan nilai-nilai yang positif kepada Badan Pengurus Harian serta anggota MAPALA UMSU dalam membuat suatu program kerja kedepannya baik program kerja umum dan program kerja khusus terhadap nilai-nilai kerja sama yang di bangun oleh pihak sponsor brad image.

TUJUAN
1.       Terciptanya hubungan kerja sama dari pihak MAPALA UMSU dan Pihak sponsor brand image wall climbing MAPALA UMSU.
2.       MAPALA UMSU dapat membina dan mempertahankan hubungan yang baik dengan pihak sponsor ship band wall climbing MAPALA UMSU.
3.       Membuat suatu program kerja yang bersamaan dalam perkembangan organisasi MAPALA UMSU dan pihak sponsor brand image wall climbing MAPALA UMSU.


TEMPAT

Band image wall climbing MAPALA UMSU bertempat di lapangan depan Universitas Muhammadiyah Sumateraa Utara, Jalan Kapten Muchtar Basri No.03 Medan.

PELAKSANA
Pelaksanaan pengerjaan branding image adalah seluruh anggota MAPALA UMSU.

PENANGGUNGN JAWAB
Penanggung jawab pelaksanaan brand image ini adalah Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan Badan Pengurus Harian MAPALA UMSU.

METODE PENAWARAN PELAKSANA
Adapun metode pelaksanaan brand image papan panjat MAPALA UMSU terlampir.

FOTO MENARA PANJAT DINDING
Foto menara panjat dinding MAPALA UMSU terlampir.

BENTUK PENAWARAN & ESTIMASI RAB KONTRAK BRAND IMAGE WALL CLIMBING MAPALA UMSU
Adapun bentuk penawaran kerjasama dan estimasi dana brand image yang kami tawarkan terlampir.


PENUTUP
Demikian rancangan proposal penawaran kerjasama brand image papan wall climbing MAPALA UMSU ini disusun berdasarkan pemikiran untuk terciptanya perkembangan kemajuan bersama dalam bentuk kegiatan yang dilaksanakan dan dapat meningkatkan kerjasama antara MAPALA UMSU dan pihak sponsor. Amin..


Medan,  1 Mei 2013
BADAN PENGURUS HARIAN
MAHASIWA PECINTA ALAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Ketua Umum                                            Sekretaris




    Amarullah Fiddin                               Armelia Ayumi Lubis
 MU 099 Stl                                               MU 097 Stl
Disetujui Oleh,
Rektor UMSU
C.q Wakil Rektor III UMSU





H.M. Arifin Gultom S.H, M.Hum






Lampiran I :

FOTO-FOTO WALL CLIMBING MAPALA UMSU











Lampiran II :

METODE PELAKSANAAN BRAND IMAGE WALL CLIMBING MAPALA UMSU
                    
                Berdasarkan foto wall climbing MAPALA UMSU yang terlampir, brand image wall climbing MAPALA UMSU dibagi dalam tiga tahap :

Tahap
Jenis Pekerjaan
Waktu
Persiapan
·      Pengadaan bahan
·      Pengadaan alat-alat
·      Bongkar multiplek wall climbing
15 Hari
Pelaksanaan
·     Pengecatan multiplek wall climbing
·     Pengecatan rangka menara wall climbing
24 Hari
Finishing
·     Pemasangan multiplek wall climbing
·     Pemasangan lampu tembak wall climbing
10 Hari

Lampiran III :
BENTUK PENAWARAN DAN ESTIMASI DANA



email   :   mapalaumsu@gmail .com
mu090spr@yahoo.com
cp :  umar : 085360766344
ulil : 08126348903
amar : 085297111156


Tidak ada komentar: